Pengenalan Internet

July 12, 2015

Pengertian Internet

Internet dapat dijabarkan menjadi 2 pengertian, yaitu :
INTERnational NETworkingmerupakangabungandariduakomputerataulebihyang salingberhubungandanberbagisehinggamembentukjaringankomputerdenganjutaankomputerdiseluruhduniadengansalingbertukarinformasi.
INTERconnected NETworkmerupakansuatusistemkomunikasiglobal yang menghubungkanseluruhkomputerkomputer, perangkatjaringandiseluruhdunia.

Layanan Internet

Pada bagian ini, saya akan coba jelaskan mengenai layanan-layanan yang ada pada internet.

World Wide Web (WWW)

Merupakanbagiandariteknologiinternet yang berfungsi sebagairuangpenampunginformasidarialamatUniform Resource Locator (URL).Diaksesmenggunakanweb, sebagaipenyediainformasidandata untukdapatdiaksesbersama, baikaksesberupateks, gambar,  suara, video, danmultimedia.

Electronic Mail (E-Mail)

Merupakansuatusaranaberkirimsuratmelaluimedia jaringaninternet, alamatemail bersifatunik, dapatberkirimdata mulaiteks, gambar, video, dll

Instant Messaging (Chat)

Merupakansaranauntukberkomunikasidenganpenggunalain diseluruhdunia, denganmenggunakanakunyang telahdibuatsebelumnya, danmenginstalaplikasiyang disediakan olehpemilikaplikasi.

File Transfer Protocol (FTP)

Merupakanfasilitasyang dapatdigunakanuntukberkirimdanmengambildata informasi, padaumumnyaterdapatmesinyang dinamakanFTP Server.

Komponen Pembangun Internet

Sebuah komputer saja tidak cukup untuk dapat melakukan koneksi menuju internet. Berikut ini merupakan komponen-komponen yang membangun jaringan internet.

Content Provider

Merupakanbagiandariteknologiinternet yang akan menyediakansumberinformasi, seringdisebutdenganServer, contoh: Web Server, FTP Server, Mail Server, Streaming Server, dll. SeringjugadisebutInternet Server.

Internet Service Provider (ISP)

Merupakan perusahaan penyedia infrastruktur jasa koneksi internet, dan didalamnya terdapat kumpulan perangkat jaringan komputer seperti Server, Router, Switch, dan perangkat penunjang lainya sehingga membentuk suatu jaringan yang dihubungkan dengan jaringan ISP lain. Contohnya seperti Telkom Speedy, Indosat, dll.

Customer Premise Equipment (CPE)

Merupakan perangkat yang berada disisi pengguna, seperti komputer, modem, saluran telepon, kabel, yang biasanya disediakan oleh ISP.

Network Connection

MerupakansaranakoneksidariISP kesisiCPE, bisamenggunakanmedia kabel, wireless, hinggasatelit.

Browser

Merupakanmedia aplikasiyang disediakanolehpengembangyang digunakanuntukmengakseslayananWWW melaluiform URL yang disediakan olehpengembangBrowser tersebut. Contohnya seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, Internet Explorer, dll.

Teknologi Internet

Komponen-komponen Internet di atas hanya komponen secara umum yang harus ada untuk membangun internet. Di samping komponen-komponen tersebut, Internet juga membutuhkan beberapa teknologi untuk menunjang adanya internet.

DNS (Domain Name System)

Merupakan sistem yang menyimpan informasi alamat IP dan nama domain Contoh  : alamat URL http://www.google.co.id = 209.85.175.99.

Untuk artikel lebih lanjut mengenai DNS, dapat dibaca pada artikel Pengertian, Jenis, dan Konsep DNS.

Web Server

Merupakanperangkatserver (hardware dan software) yang berfungsimenerimapermintaanHTTP danHTTPS daribrowser penggunadanmengirimkanhasilnyaberupainformasiteks, gambar, suara, video, danlainyayang umunyaberbentukdokumenHTML.Web server yang sering digunakanadalah:- Apache : Untukmulti platform- IIS : Platform Windows

E-Mail Server

Merupakanlayananberkirimsuratmelaluijaringankomputerdenganmenggunakan   aplikasiyang dikembangkanolehberbagaivendor. Setiapemail memilikialamatyang berbedadanbersifatunik.

Struktur alamat email :   nama@namadomain.comdimanatanda“@” adalahuntukmemisahkannamadandomain.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »