Mengenal Jenis-jenis Hacker

December 13, 2015
Temen2 tau kan hacker? Itu loh yg kerjaannya membajak. Bukan tukang bajak status, bajak sawah, apalagi seorang bajak laut. Hacker membajak sistem, program, jaringan, atau komputer. Mungkin sebagian temen2 menganggap hacker itu jahat dan tukang ngerusak. Kenyataannya ada juga loh hacker yang ga ngerusak. Nah kali ini saya mau share tentang jenis2 hacker.

1. Black Hat

Black Hat adalah sebutan bagi hacker yang dengan sengaja melakukan peretasan (membajak) keamanan sistem komputer orang lain untuk kepentingan pribadi/kelompok. Tidak, mereka tidak memakai topi hitam. Tapi mereka bisa disebut jahat dan melakukan kejahatan melalui dunia maya (Cybercrime).

Black Hat membobol keamanan sistem untuk menghapus, memodifikasi, atau mencuri data dan kemudian menyimpan rahasia celah keamanan sistem tersebut untuk diri sendiri. Sebagian kejahatan mereka diantaranya mencuri akses kartu kredit orang lain, membobol password Server melalui Internet, membobol program berbayar sehingga dapat digunakan secara gratis, dan lain-lain. Maka dari itu, mereka juga kadang disebut dengan "Cracker".

Di samping itu, ada juga Black Hat yang secara ilegal membobol sistem orang lain untuk memperingatkan administrator sistem tersebut bahwa terdapat celah keamanan pada sistemnya sekaligus juga menawarkan jasa perbaikan keamanan sistem dengan harga tertentu. Hacker jenis ini biasa disebut juga dengan "Grey Hat" karena mereka tidak murni memiliki niat untuk merusak.

2. White Hat

Ada hitam, pasti ada juga putih. Kebalikan dari Black Hat, si White Hat ini melakukan kegiatan hacking secara legal untuk memperbaiki celah pada keamanan sistemnya sendiri, atau memperbaiki keamanan sistem milik orang lain setelah ada kontrak kerja sama.

Biasanya seorang White Hat memiliki profesi sebagai System/Network Administrator di suatu perusahaan atau juga sebagai IT Security Assessment Professionals, bahkan bisa juga bekerja sebagai intelijen negara untuk mempertahankan data negara dan menyelidiki kasus Cybercrime, menjadi polisi di dunia maya. White Hat juga biasanya telah mendapatkan pendidikan sertifikasi hacking internasional seperti CEH (Certified Ethical Hacker).


Selain Black & White tadi, ada juga beberapa sebutan lain bagi hacker, diantaranya :
- Elite Hackers : sebutan untuk Hacker tingkat dewa, atau hacker yg udah sangat-sangat ahli.
- Script Kiddies : sebutan untuk Hacker yg pake tools Hacking otomatis milik orang lain untuk melakukan hacking
- Neophyte : sebutan untuk orang yg baru masuk dunia Hacking dan kadang belum tau apa2 soal hacking.
- Blue Hat : seperti White Hat, tapi hanya melakukan pencarian celah kesalahan suatu program (bug) untuk diperbaiki.
- Hacktivist : Hacking Activist, kelompok Hacker yang menggunakan Hacking sebagai ideologi atau alat politik. Berhubungan juga dengan Cyberterrorism.

Mungkin segitu saja pengetahuan tentang jenis-jenis Hacker. Kita tidak bisa menuduh seseorang sebagai Black/White Hat Hacker, karena seorang Black Hat bisa juga menjadi White Hat dan sebaliknya. Semua tergantung niat pelakunya. Maka dari itu, gunakanlah ilmu apapun secara bijak. Ilmu yg digunakan dengan baik, akan menghasilkan yg baik pula.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »